Rabu, 09 Maret 2011

KOMUNIKASI DI ERA MODERN

KOMUNIKASI DI ERA MODERN

Tahun lalu, seorang penulis memprediksikan bahwa kita akan menggunakan videophone dan satelit akan menciptakan menciptakan jaringan komunikasi di seluruh dunia. Kemudian kita akan menonton televisi 3-D dan menggunakan computer. Walaupun semua prediksi belum sepenuhnya terwujud, satelit canggih cincin dunia dan computer telah mengubah cara kita bekerja untuk selamanya.

Kita jelas hidup dalam revolusi, teknologi komunikasi dan aplikasi baru yang sudah ada membentuk industry komunikasi masyarakat. Contohnya, generasi terbaru dari computer dapat menghasilkan presentasi multimedia yang canggih. Namun perlu di ingat, walaupun ini adalah revolusi, beberapa perubahan adalah sebenarnya evolusi. Jadi, revolusi komunikasi sebenarnya bisa dilihat sebagai campuran revolusi dan evolusi – masuknya produk baru dan peningkatan produk yang lebih tua atau produk yang sudah ada terlebih dahulu.

Konsep dasar

Sebuah system komunikasi adalah salah satu konsep. Konsep tersebut menyediakan sarana informasi, kode dalam bentuk signal, dan bisa ditukarkan (pesan yang ditukarkan). Jika kita memutuskan untuk menelepon teman, system komunikasi tersebut telah mencakup di dalamnya ada penerima telepon, saluran telepon, serta komponen-komponen lainnya.

Informasi

Informasi dapat didefinisikan sebagai kumpulan simbol-simbol yang jika digabungkan akan menjadikan sebuah pesan. Informasi dapat disiarkan melalui saluran telepon, satelit, atau saluran komunikasi. Informasi melampaui definisi yang digunakan dalam industry komunikasi umum. Informasi tidak hanya program televisi, percakapan telepon, dan film yang tersimpan pada disk digital serbaguna (DVD). Informasi juga dapat mengambil bentuk gambar dimanipulasi oleh computer. Selain itu, informasi juga dapat mengambil bentuk buku-buku perpustakaan yang disimpan pada disk optic yang dapat diakses dirumah dengan computer. Jadi, informasi dapat disamakan dengan kuasa. Jika anda tahu bagaimana penggunaan computer, anda akan mendapatkan informasi yang lebih besar.

Masyarakat informasi

Beberapa perkembangan teknologi, informasi bisa disamakan dengan kekuasaan. Telah dikontribusikan pada penciptaan masyarakat informasi. Masyarakat informasi adalah penyetir informasi, baik itu berita internasional terbaru yang diperlukan untuk mengikuti perkembangan pasar dunia atau penciptaan database yang dapat diakses oleh computer. Masyarakat informasi juga menciptakan kategori pekerjaan baru, seperti web desaigner yang menggunakan computer untuk membuat situs internet dan spesialis teknis berfungsi untuk mengambil informasi dari database computer. Untuk kalangan pebisnis, menggunakan dan mengolah informasi merupakan elemen yang tidak terpisahkan dari layanan yang mereka tawarkan.

Implikasi dari revolusi komunikasi

Informasi baru dan teknologi komunikasi juga sangat mempengaruhi struktur social kita dan adanya saling ketergantungan berkembang diantara teknologi, informasi, dan masyarakat. Revolusi komunikasi juga telah melahirkan kelas social. Di masa lalu, perbedaan antara kelompok-kelompok social biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, politik, dan pendidikan. Perbedaan antara kelompok social ini akan terlihat lebih jelas terutama jika anda tidak memiliki informasi dan kemampuan/keterampilan dalam memanajemen computer. Nmun revolusi komunikasi memang banyak memiliki implikasi yang positif. Salah satunya yaitu system computer dapat membantu individu untuk berkomunikasi lebih baik dengan dunia disekitar mereka. Revolusi komunikasi memiliki implikasi ekonomi dan dapat mempengaruhi seluruh sector industry.

Pendekatan system : Getaran elektromagnetik dan biometric

Kerentanan masyarakat kita terhadap peristiwa dunia menyoroti pentingnya pendekatan system. Hal ini juga menunjukkan saling ketergantungan antara teknologi dan masyarakat informasi kita. Singkatnya, informasi dan infrastruktur komunikasi bisa lumpuh dan dibungkam oleh sikap tinggi ledakan nuklir. Kelumpuhan ini akan disebabkan oleh getaran elektromagnetik yang kuat dari sebuah ledakan nuklir. Para ilmuwan telah mengamati fenomena ini. Mereka menggunakan simulasi untuk mengukur kerentanan komponen elektronik, peralatan, dan system yang dapat dipengaruhi oleh seperti denyut nadi, dengan tujuan untuk mengembangkan mekanisme perlindungan.

Sistem biometric

Pentingnya mengadopsi pendekatan system juga digambarkan oleh biometric. Biometric dapat didefinisikan sebagai identifikasi otomatis individu berdasarkan cirri fisik fisiologisnya. Salah satu tujuan dari system biometric adalah untuk memverifikasi identitas seseorang tanpa menggunakan password. Dalam aplikasi lain, lembaga penegak hukum telah menggunakan teknologi biometric dalam upaya mengidentifikasi penjahat di jalan-jalan kota, di bandara, dan tempat lainnya. Kita sebenarnya sering melihat system biometric digunakan selama bertahun-tahun dalam film. Seorang karakter film menempatkan tangannya di sebuah sensor di samping pintu terkunci. Kemudian sensor memindai tangan untuk karakteristik tertentu dan membuka pintu pada saat identifikasi.

Implikasi teknologi

System elektronik biometric menggunakan berbagai teknologi dan alat. Sebagai contoh, system pengenalan wajah melibatkan penggunaan proses komputerisasi dengan otomatis untuk mengukur sudut dan jarak antara titik geometris pada wajah – sudut mata, lubang hidung, ujung mulut untuk mengidentifikasi individu.

Implikasi legal

Perkembangan teknologi menghasilkan implikasi hukum. Seperti masalah privasi. Sementara system biometric dapat membantu mengidentifikasi penjahat. Apakah biaya berhubungan dengan privasi? apakah perkembangan teknologi memiliki peran penegakan hukum yang sah jika digunakan dengan tepat? System seperti ini menimbulkan implikasi penting dalam perubahan.

Implikasi etika dan politik

Teknologi biometric memunculkan etika dan pertanyaan politik. Karena system biometric dapat digunakan untuk tujuan identifikasi, data yang mereka hasilkan dapat melacak gerakan individu dari satu tempat ke tempat lain dan dari waktu ke waktu.

Jadi, teknologi biometric memiliki berbagai aplikasi dan implikasi. Seperti getaran elektromagnetik, kita harus mengeksplorasi topic dari perspektif system yang luas untuk memahami aplikasi dan akibatnya jika masyarakat hanya memeriksa satu segi lapangan, seperti perkembangan teknologi, kita berarti mengabaikan isu-isu lainnya.

Sumber :

Michael, M. A dan Barbara L. Morgenstern. (2004). The New Communication Technology : Applications, policy, and impact. 5th edition. Oxford: Focal press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar