Rabu, 09 Maret 2011

SOCIALBOOK CONVERTS YOUR FACEBOOK PROFILE INTO A BOOK


SOCIALBOOK CONVERTS YOUR FACEBOOK PROFILE INTO A BOOK

(Socialbook Mengubah Profil Facebook Anda Menjadi Sebuah Buku)

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011[update], Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Facebook juga menjadi jejaring sosial teratas dari delapan pasar perorangan di Asia, yaitu Filipina, Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hong Kong dan Vietnam, sementara merek lain masih mempertahankan posisi teratas mereka di beberapa pasar, termasuk Orkut milik Google di India, Mixi.jp di Jepang, CyWorld di Korea Selatan, dan Wretch.cc milik Yahoo! di Taiwan.

Suatu hal yang menarik jika profil facebook kita bisa diubah menjadi sebuah buku. Hal ini sebelumnya pernah saya dengar ketika mengikuti sebuah seminar. Dan setelah saya mengetahui lewat artikel wired magazine di situs www.wired.co.uk , sebuah artikel yang di tulis oleh Olivia Solon pada 17 januari 2011 lalu, mengatakan bahwa pengguna facebook segera mungkin dapat menerjemahkan kehidupan digital mereka menjadi sebuah bentuk analog ke dalam SosialBook – sebuah proyek yang sedang mencari dana di Kickstarter.

Socialbook, alias buku facebook adalah sebuah buku pribadi berukuran 21,59 cm x 27,94 cm dibuat berdasarkan status update, foto yang dipublikasikan, pesan (wall) dan berbagai komentar dari pengguna facebook sendiri sampai 10 teman facebook yang ingin kita pilih ke dalam buku facebook kita. Cover dari buku facebook kita pun disesuaikan berdasarkan nama facebook kita dalam teks putih dan berbentuk hardcover.

Harga buku facebook ini berbeda-beda. Harga berdasarkan pada berapa lama anda telah menggunakan facebook tersebut. Perusahaan buku facebook menawarkan panduan harga 50 halaman sebesar $25 dan naik sampai $100 untuk 400 halaman dengan tambahan $10 untuk hardcover.

Socialbook bertujuan untuk meningkatkan $10.000 pada pendanaan platform kickstarter pada tanggal 5 februari. Setelah didanai, semua pre-order akan dikirim email lewat link ke aplikasi facebook socialbook yang dapat kita gunakan denagn mengatur parameter kita sendiri, termasuk teman mana yang ingin kita sertakan ke dalam buku facebook kita.

Pengusaha Kickstart mengatakan bahwa “Kenangan kita cenderung memudar jika kita tidak memiliki beberapa jalan untuk mengingat mereka. Ini akan menjadi salah satu jalan untuk mengingat mereka”

Menurut saya, profil facebook kita bisa dijadikan sebuah buku merupakan sebuah terobosan baru yang sangat unik dan menarik. Pasti banyak peminat untuk menjadikan profil facebook mereka menjadi sebuah buku. Selain untuk mengabadikan apa yang terjadi di facebook kita, buku facebook tersebut bisa dijadikan sebagai alternative kenangan dari teman-teman hidup kita. Saya setuju dengan apa yang dikatakan pengusaha Kickstart.

Untuk sebelumnya, mungkin kita semua telah mengetahui bahwa blog pun juga bisa dijadikan sebuah buku. Contoh nyatanya yaitu, karya novel-novel humor dari penulis Raditya Dika berawal dari keisengan dirinya yang menulis cerita melalui sebuah akun blog. Siapa yang duga kalau blog bisa dijadikan sebuah buku. Sama hal nya bahwa siapa yang duga jika facebook bisa dijadikan sebuah buku. Dan untuk harga buku facebook yang berkisar sekitar $25 / 50 halaman, maka jika di rupiah kan menjadi 25 ribu / 50 halaman, menurut saya lumayan mahal juga namun jika dilihat sisi keunikannnya dan menjadi hal yang belum ada, harga segitu bisa dikatakan sesuai/seimbang dengan kepuasan konsumen.

Sumber : http://www.wired.co.uk/news/archive/2011-01/17/facebook-socialbook

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook


Tidak ada komentar:

Posting Komentar